Minggu, 05 Juni 2011

ASAL USUL SUKU BUGIS

jika anggapan Roger F Mills pada tahun1975, benar bahwa lokasi pertama yang di datangi pendatang adalah sekitar muara sungai saddang maka kemungkinan besar asalnya dari Kalimantan. Kalimantan Timur yakni sekitar kutai-samarinda, atau dari bagian tenggara Kalimantan yakni sekitar Pegatan-pulau laut.
Kalimat kunci yang menjadi Benang Merah: antara pulau sulawesi- Suku Bugis-Migrasi, tujuan migrasi adalah alasan tujuan untuk melakukan perpindahan dari tanah kelahirannya ke daerah lain.
Christian Pelras, mengambil kasus orang Bugis di Kalimantan Timur, sebagai salah satu contoh yaitu perpindahan seorang bangsawan wajo bernama La Ma'dukelleng bersama 3000 pengikutnya ke PASER dan oleh sultan Paser diberi tanah yang sekarang ini di kenal dengan nama SAMARINDA kawasan yang di besarkan oleh orang Bugis.
La ma'dukelleng(bugis) Raja paser Kalimantan Selatan yang bekeluarga dengan raja kutai di kalimantan Timur
Daeng Manambon yang jadi raja di Kalimantan Barat setelah membantu pihak dayak yang berperang saudara saling kayau, daeng cella yang menikah dengan sultan sambas.

JADI DAPAT DISIMPULKAN BAHWA SUKU BUGIS DAN SUKU ASLI YANG TERDAPAT DI KALIMANTAN, MASIH ADA HUBUNGAN DARAH.

terlepas dari keadaan yang terus berubah aktivitas perantauan merupakan ciri khas"permanen" orang Bugis sampai saat ini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar